CONTENT REPRESENTATION (CoRe) CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP GENETIKA

Mega Elvianasti, Mega (2019) CONTENT REPRESENTATION (CoRe) CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP GENETIKA. CONTENT REPRESENTATION (CoRe) CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP GENETIKA, 3 (1). pp. 33-40. ISSN 2614-1558

[thumbnail of CONTENT REPRESENTATION (CoRe) CALON-12082020.pdf]
Preview
Text
CONTENT REPRESENTATION (CoRe) CALON-12082020.pdf

Download (351kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscien...

Abstract

Content Representation (CoRe) adalah suatu metode yang digunakan untuk mengakses pemahaman guru atau calon guru sains mengenai suatu konten atau materi. CoRe berisi uraian konsepkonsep atau materi yang penting dalam mengajarkan suatu topik tertentu. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan apa adanya, tidak dimodifikasi atau diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi semester 6 di Universitas Pendidikan Indonesia yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data berupa dokumen hasil penyusunan CoRe (Content Representation) yang dianalisis pada setiap ide besar dalam konsep genetika. Hasil: Secara umum calon guru biologi yang berada pada subjek penelitian kelompok atas, cenderung memiliki ide besar/big idea yang luas. Hal ini terlihat dari sebanyak 95% calon guru dapat menjabarkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan dalam CoRe, dibandingkan dengan calon guru biologi yang berada pada subjek penelitian kelompok sedang dan rendah hanya dapat menjabarkan CoRe sebanyak 50% - 75%.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > DF Greece
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mega Elvianasti
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:57
Last Modified: 13 Aug 2020 11:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item