Hubungan Antara Kemampuan Mengembangkan Paragraf Narasi dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IV SD IslamAzhari Lebak Bulus)

Marselinda, Mercy dan Suyatno, Suyatno dan Tarmini, Wini (2018) Hubungan Antara Kemampuan Mengembangkan Paragraf Narasi dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IV SD IslamAzhari Lebak Bulus). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1609057010_MERCY MARSELINDA.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1609057010_MERCY MARSELINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hubungan antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dan sikap terhadap bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan keterampilan menulis cerita anak (2) terdapat hubungan positif antara sikap terhadap bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf dan sikap terhadap bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Azhari Lebak Bulus yang berjumlah 50 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 44 siswa dengan teknik simple random sampling.Teknik pengambilan data untuk variable kemmapuan mengembangkan paragraf narasi (X1) dan variabel ketrampilan menulis cerita anak (Y) menggunakan tes menulis, sedangkan variabel sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) menggunakan angket model skala Likert. Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach 2 (untuk karya tulis), sedangkan perhitungan untuk variabel X2 menggunakan KR 21. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan keterampilan menulis cerita anak. persamaan regresi linier Ŷ = 20.780 +0,735X1 thitung = 6.489 dengan tabel = 1,68, koefiesien korelasi rxy = 0,708 dan Fhit (Fchange) = 42.105 dengan demikian korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1) keterampilan menulis cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap Bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak. Persamaan regresi linier Ŷ = 76.604 +0,30X2. Dari hasil analisis diperoleh, thitung = I,68 dengan tabel = 1,68, koefiesien korelasi (rxy) = 0,569 dan Fhitung 1.750 dengan demikian korelasi antara
sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) keterampilan menulis cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi (X1) dan sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y). Persamaan regresi linier Ŷ = 13,102 + 0,745X1+ 101X2, thitung = 6.489 dengan harga Fhitung 21.329, koefisien korelasi (rxy)= 0, 714 dan Fhit (Fchange) = 21.329 dengan demikian terdapat korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1), sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y). Kata kunci.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Narasi, paragraf narasi, keterampilan menulis, Sikap terhadap Bahasa Indonesia
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:58
Last Modified: 24 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item