Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Berpikir Logis Terhadap Menulis Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang

Syafa’ah, Siti dan Darma, Yoce Aliah dan Solihati, Nani (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Berpikir Logis Terhadap Menulis Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057034_SITI SYAFAAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057034_SITI SYAFAAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode Group Investigation dengan metode Student Teams Achievement Division dan berpikir logis dalam menulis laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dari kelas X MIPA dan X IIS yang seluruhnya diteliti. Instrumen berupa tes uraian dan pilihan ganda. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors maka diketahui Lhitung kelompok siswa yang diberi motode pembelajaran Student Teams Achievement Division (A1) diperoleh harga sebesar 0,0649 sementara L-tabel untuk n = 30 diperoleh harga 0,161. Hipotesis nihil yang menyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal diterima jika L-hitung lebih kecil dari L-tabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat bahwa L-hitung (0,0649) lebih kecil dari L-tabel (0,161) sehingga hipotesis nihil yang menyatakan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal diterima. Selain uji normalitas, salah satu syarat yang diperlukan dalam menganalisis data dengan menggunakan ANAVA adalah uji homogenitas. Ringkasan hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan X2hitung = 2,89 lebih kecil dari X2tabel = 87,46 dengan db k = 3 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesis nol diterima. Ini berarti bahwa varians populasi bersifat homogen. Dari pengujian yang terpenuhi oleh data penelitian yang akan diolah dengan teknik analisis varians sudah terpenuhi. Rerata hasil belajar kelompok siswa yang memperoleh metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (μA1 = 85) lebih tinggi daripada rerata kemampuan menulis laporan observasi kelompok siswa yang memperoleh metode pembelajaran Group Investigation (μA2 = 77,66). Dari data yang sudah didapat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran
dan berpikir logis dengan menulis laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, berpikir logis, Menulis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:59
Last Modified: 24 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15109

Actions (login required)

View Item View Item