Pengaruh Model Problem Based Instruction Melalui E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Jatisampurna X

Budiarti, Iis Giri dan Handayani, Sri Lestari (2020) Pengaruh Model Problem Based Instruction Melalui E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Jatisampurna X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of -FKIP_PGSD_1601025008_IIS GIRI BUDIARTI.pdf]
Preview
Text
-FKIP_PGSD_1601025008_IIS GIRI BUDIARTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Instruction pada peserta didik kelas V SDN Jatisampurna X Pada Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pre-Experimental design bentuk One Group Pretest Posttest, sampel yang digunakan sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 57 peserta didik dan sampel yang digunakan ialah kelas V-A berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes tertulis (Pretest-posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas lilliefors, uji fisher, dan uji t beda dua mean data berpasangan. Pada Uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment Sebanyak 15 Soal Essay dengan 11 soal valid dan 4 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha memperoleh Rhitung =0,716>Rtabel = 0,60 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung = 0,0926 < Ltabel = 0,173 untuk Pretest, dan Lhitung = 0,077859 < Ltabel = 0,173 untuk Posttest maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,666 < Ftabel =1,99 Maka dapat disimpulkan data tersebut homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 9,62>Ttabel 1,70 dengan demikian, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi perpindahan kalor kelas V SDN Jatisampurna X.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:21
Last Modified: 27 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item