Peningkatan Kemampuan Menulis Iklan Layanan Masyarakat melalui Model Explicit Instruction (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening).

Tusdayu, Nurkhumaira dan Suyatno, Suyatno dan Solihati, Nani (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Iklan Layanan Masyarakat melalui Model Explicit Instruction (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057020_NURKHUMAIRA TUSDAYU.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057020_NURKHUMAIRA TUSDAYU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction (penelitian tindakan pada siswa kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah hasil kemampuan menulis iklan layanan masyarakat siswa kelas VIII B dan perubahan tingkah laku siswa dalam pembelajaran menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction. Fokus utama penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewis, peneliti melaksanakan model explicit instruction dalam pelajaran menulis iklan layanan masyarakat baik pada siklus 1 maupun siklus 2. Peningkatan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction dapat dilihat pada nilai rata yang diperoleh siswa kelas VIII B pada siklus 1, yakni mencapai nilai rata-rata 75 atau 50% siswa sudah mencapai KKM. Sebelumnya, nilai ratarata siswa kelas VIII B hanya memeperoleh 69,25 atau baru mencapai 15%. Meskipun jika dilihat secara perorangan dari 20 siswa pada siklus I terdapat 10 siswa yang belum mencapai KKM (75). Akan tetapi, jika dibandingkan dengan sebelum dilakukan tindakan jumlah siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 17 siswa. Selanjutnya, peningkatan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat pada siklus 2 mencapai 100% karena seluruh siswa sudah mencapai KKM. Hasil nilai rata-rata pada siklus 2 yakni 86,5 meningkat 11,5% dari siklus sebelumnya. Meskipun peningkatan tidak terlalu besar namun secara umum kemampuan menulis
iklan layanan masyarakat siswa kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening terjadi peningkatan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Model Explicit Instruction, dan Penelitian Tindakan
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:45
Last Modified: 21 Jun 2022 07:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item