Kesantunan Tindak Tutur Berbahasa di Media Sosial Facebook (Penelitian Analisis Isi pada Tulisan Pendukung Calon Gubernur DKI Jakarta di Media Sosial Facebook)

Khasanah, Khomsiyatun dan Emzir, Emzir dan Tarmini, Wini (2018) Kesantunan Tindak Tutur Berbahasa di Media Sosial Facebook (Penelitian Analisis Isi pada Tulisan Pendukung Calon Gubernur DKI Jakarta di Media Sosial Facebook). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057010_KHOMSIYATUN KHASANAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057010_KHOMSIYATUN KHASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

tindak tutur berbahasa di media sosial Facebook yang meliputi, bentuk pemenuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, dan kesimpatian, serta skala kesantunan kerugian, pilihan, tidak langsung, keotoritasan, dan jarak sosial dalam tindak tutur pendukung calon Gubernur DKI Jakarta dalam Akun Basuki Tjahaja Purnama dan Anis Baswedan di media social Facebook pada bulan April 2017. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi yaitu dengan mendeskripsikan isi tulisan tentang kesantunan berbahasa dalam tindak tutur di media sosial Facebook. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi pemenuhan dan pelanggaran maksim kesantunan berbahasa kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, dan kesimpatian, serta berdasarkan skala kesantunan kerugian, pilihan, tidak langsung, keotoritasan, dan jarak sosial terdapat tuturan santun dan tidak santun pada komentar pendukung calon Gubernur DKI Jakarta dalam Akun Basuki Tjahaja Purnama dan Anis Baswedan, dan hasil penelitian dapat dijadikan materi pembelajaran bahasa di SMA khususnya di Mata Pelajaran Peminatan Bahasa Indonesia di SMA.
Dalam pembelajaran hendaknya guru dapat mengambil contoh tuturan di media sosial Facebook sebagai bahan ajar. Siswa diajak menganalisis tuturan di media social Facebook sehingga mendapatkan suatu pengalaman yang dapat menambah pengetahuan tentang bahasa yang santun dan tidak santun di media sosial. Pembelajaran kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial di sekolah hendaknya memanfaatkan tuturan-tuturan di media sosial yang lebih nyata. Dengan mengambil tuturan di media sosial, siswa dapat lebih bisa mempraktikkannya dalam tuturan langsung ataapun di media sosial sebagai bagian dari interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesantunan, Tindak Tutur Berbahasa, Kesatunan bahasa
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:47
Last Modified: 21 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item