Pembelajaran Bahasa Indonesiabagi Penutur Korea Di Sd Kumnamu Tangerang

Kug, Sung In dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2018) Pembelajaran Bahasa Indonesiabagi Penutur Korea Di Sd Kumnamu Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1408056038_SUNG IN KUG.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1408056038_SUNG IN KUG.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar (KBM), pembelajaran BIPA Korea di SD Kumnamu mempunyai tugas umum yaitu untuk membimbing pelajar agar mempunyai pengetahuan yang sahih tentang Bahasa Indonesia. Secara khusus, pembelajaran BIPA mempunyai tugas untuk membina pelajar supaya dapat terampil menggunakan bahasa Indonesia secara tulis maupun lisan. Dua aspek tersebut hendaknya tertuang secara utuh dalam setiap pembelajaran yang ada. Dalam penelitian ini, rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif ini adalah melukiskan variabel/kondisi “apa yang ada” dalam suatu situasi. Penelitian ini merupakan studi kasus karena dilakukan secara intensif dan terinci terhadap suatu organisasi atau lembaga. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 Agustus s.d. 29 Oktober 2018. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun data primer yang digunakan berupa hasil analisis dokumen dan hasil observasi kelas menggunakan lembar pedoman observasi. Pelaksanaan pembelajaran BIPA terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran dilakukan dengan membuka pelajaran meliputi pengucapan salam, menanyakan keadaan pelajar, dan mengadakan game. Dalam membuka pelajaran pengajar mengutamakan bagaimana suasana berlangsung hangat dan komunikatif sehingga pengajar dapat mengetahui seberapa banyak kata yang telah dikuasai pelajar. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi hasil dan evaluasi proses. Evaluasi proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sedangkan evaluasi hasil didapatkan dari tes tulis yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali (minimal dua unit materi). Evaluasi proses yang dilakukan pengajar cukup baik dari segi monitoring perkembangan pelajar dalam penguasaan materi. Dalam perencanaan, pengajar diharapkan dapat lebih mempersiapkan pembuatan RPP yang lebih lengkap dan jelas seperti pencantuman nama lembaga, jenjang yang dituju, dan alokasi waktu untuk setiap langkah pembelajaran. Sedangkan dalam evaluasi diharapkan pengajar dapat lebih memaksimalkan pada bentuk tes yang lain dan adanya rubrik penilaian untuk evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa, BIPA,Penutur Korea, Penutur Asing
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:46
Last Modified: 21 Jun 2022 07:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item View Item