Perancangan Prototype 3d Printing Menggunakan Conveyor Belt

Yusup, Muhamad (2021) Perancangan Prototype 3d Printing Menggunakan Conveyor Belt. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of eSTM-2021025 Muhamad Yusup.pdf]
Preview
Text
eSTM-2021025 Muhamad Yusup.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mesin 3D Printing yang saat ini sudah jamak dipergunakan dalam proses rapid prototyping memanfaatkan fused deposition modelling (FDM). FDM menghasilkan produk dengan mencetak berlapis sebagaimana yang diterapkan pada 3D Printing. Permasalahan yang muncul kemudian adalah panjang bed yang sangat terbatas, membuat dimensi produk yang dihasilkan menjadi relatif kecil. Hal ini menimbulkan ide untuk menggabungkan bed dengan memanfaatkan belt conveyor.
Mesin 3D Printing yang dirancang dapat menggunakan filamen kontinyu atau 3D printer unlimited Z serta hardware dengan kemiringan nozel 45˚, memanfaatkan pulley GT2, teflon, alumunium, frame bed axis, roller dan heatbed. Perancangan prototype conveyor belt pada 3D printing melalui beberapa proses perakitan yaitu proses merakit rangka, merakit dudukan motor stepper untuk belt, merakit roller conveyor dan merakit conveyor belt.
Hasil perancangan prototype conveyor belt 3D printing ini memanfaatkan gerak conveyor belt saat melakukan pencetakan 3 dimensi, conveyor belt 3D printing bisa melakukan pencetakan 3 dimensi secara continue dan mekanisme alat ini bekerja cukup baik sesuai perancangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:09
Last Modified: 13 Jul 2022 02:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item View Item