Sikap Warga RW 01 JL. Kampung Rumput Pasir Gunung Selatan Cimanggis Depok Terhadap Tayangan Sinetron Preman Pensiun 2 DI RCTI

Putra, Frisky Ade dan Mustika, Sri dan Wahdiyati, Dini (2016) Sikap Warga RW 01 JL. Kampung Rumput Pasir Gunung Selatan Cimanggis Depok Terhadap Tayangan Sinetron Preman Pensiun 2 DI RCTI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0906015041_FRISKY ADE PUTRA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_0906015041_FRISKY ADE PUTRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Sikap Warga RW.01 JL. Kampung Rumput Pasir Gunung Selatan Cimanggis Depok terhadap Tayangan Sinetron Preman Pensiun 2 di RCTI. Tayangan sinetron Preman Pensiun menampilkan kehidupan para preman yang berbeda dengan preman pada umumnya dalam sinetron ini kehidupan kelompok pencopet dikisahkan dari preman secara alamiah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori perbedaan individu yaitu setiap individu memiliki pendapat atau pemikiran yang berbeda ketika diterpa media massa. Teori kategori sosial yaitu perkumpulan atau kelompok yang mempunyai reaksi yang sama dari terpaan media, dan dapat memiliki reaksi yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, usia, pendapatan, lokasi dan pekerjaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma postivisme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi adalah Warga RW.01 JL.Kampung Rumput, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok yang berjumlah 1.064 orang dengan sampel 92 orang.Teknik pengambilan sample adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Warga RW.01 JL.Kampung Rumput, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok terhadap Tayangan Sinetron Preman Pensiun 2 di RCTI berkategori sedang. Artinya tayangan ini kurang disukai oleh Warga RW.01 JL.Kampung Rumput, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok. Penelitian ini dapat disempurnakan dengan penelitian yang di tunjang dengan teori S-O-R karena teori ini membahas tentang pesan yang akan berpengaruh terhadap perubahan individu yang menerimanya tetapi perubahan itu akan terjadi tergantung pada diri individu masing-masing. Dari situ dapat dilihat beragam perbedaan respon dari setiap individu tergantung bagaimana individu tersebut memahami tayangan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:44
Last Modified: 23 Jun 2022 09:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item