Pengaruh Jenis Cairan Pendingin Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Baja St 60 pada Proses Pembubutan

Prasetyo, Dwi (2021) Pengaruh Jenis Cairan Pendingin Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Baja St 60 pada Proses Pembubutan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of eSTM-2021016 Dwi Prasetyo.pdf]
Preview
Text
eSTM-2021016 Dwi Prasetyo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini saya mengangkat judul Pengaruh Jenis Cairan Pendingin Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Baja ST 60 Pada Proses Pembubutan. Cairan yang saya gunakan yaitu cutting oil bromus dan oli meditran S40. Cairan cutting oil bromus adalah jenis cairan pendingin yang dirancang khusus untuk proses pengerjaan pemesinan. Sedangkan oli meditran S40 adalah pelumas mesin diesel yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap keausan dan korosi pada material logam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis cairan terhadap tingkat kekasaran permukaan. Penelitian ini menggunakan bahan baja ST 60 dan jenis cairan yang berbeda yaitu cutting oil bromus dan oli meditran S40. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa cairan cutting oil bromus menghasilkan tingkat kekasaran yang lebih rendah dibanding cairan oli meditran S40.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:46
Last Modified: 13 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item