Kelayakan Cerita Pendek Majalah Sastra Horison Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Kelas XI SMK (Kajian Analisis Isi)

Hasby, Rastia Ranggaini dan Sumardi, Sumardi dan Ibrahim, Nini (2017) Kelayakan Cerita Pendek Majalah Sastra Horison Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Kelas XI SMK (Kajian Analisis Isi). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1208056041_RASTIA RANGGAINI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1208056041_RASTIA RANGGAINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan cerita pendek majalah sastra horison sebagai bahan ajar apresiasi sastra di kelas XI SMK. Selain itu penelitian ini diharapkan menjadi bentuk upaya peningkatan dan pengembangan daya apresiasi dan impresentasi terhadap karya sastra umumnya, dan cerpen khususnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kajian analisis isi. Metode ini dimaksudkan agar dapat menganalisis cerita pendek secara komprehensif dan mendeskripsikannya berdasarkan unsur intrinsik. Penelitian ini mereduksi 3 cerita pendek yaitu Bensin di Kepala Bapak bulan Februari halaman 22, Maharaja Kambing bulan Januari halaman 27, Orang gila bulan Agustus halaman 34, yang terdapat dalam majalah sastra horison tahun terbit 2014 . Berdasarkan hasil temuan data, ditemukan bahwa dalam 3 cerita pendek yang diteliti ini terdapat nilai-nilai yaitu: nilai moral, nilai kemanusiaan, nilai religius/keagamaan, dan nilai etika. Dari berbagai nilai tersebut nilai moral lebih banyak digunakan. Adapun kutipan nilai religius/keagamaan yaitu “Tujuan kita hidup di dunia adalah menjadi sufi. Seorang sufi itu membiarkan tangannya sibuk dengan tugas-tugas dunianya dan membiarkan hatinya sibuk dengan Tuhannya.” Kutipan nilai kemanusiaan “Kalau sedang lewat di rumah warga, orang-orang sering mencegahnya. Menjadikannya tontonan. Mengolok-oloknya. Mempermainkannya. Pernah suatu kali dia disekap oleh sekelompok pemuda. Kedua tangan dan kakinya diikatkan pada
sebatang pohon. Lalu mereka memanggil orang-orang. Bersama-sama dia digelitik, dipecut, dikasih makan sepat kelapa. Pokoknya diperlakukan tidak manusiawi.” Kutipan nilai moral “Setelah itu, langsung dibersihkan, ya!” lanjut Wak Entol. “Heh, kalian para pemuda kampung, bantu Pak Ketua kita ini membersihkan daging kambingku nanti. Aku harus bergegas nih!” “Jangan lupa, Pak Ketua Panitia. Namaku harus tercatat sebagai orang pertama yang berkurban tahun ini di kampung kita!” perintah terakhir Wak Entol sebelum meninggalkan tempat itu dan orang-orang yang menanggung geram terpendam.” Dalam pengajaran apresiasi sastra, khususnya cerita pendek, penelitian dengan kajian analisis isi memberikan satu bentuk pendekatan atau metode dalam melihat unsur-unsur yang terdapat seperti unsur intrinsik. Penelitian lebih kepada unsur intrinsic untuk mengetahui isi dalam cerita pendek tersebut. Unsur intrinsik lebih di fokuskan kepada tokoh, alur dan setting. Dengan demikian siswa dapat pengetahuan dan pembelajaran mengenai nilai-nilai maupun norma-norma yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah dianalisis berdasarkan aspek tokoh, alur dan setting maka didapatkan hasilnya yaitu nilai pendidikan dan pembelajaran dalam cerita pendek majalah sastra horison, cerita pendek dalam majalah sastra horison layak untuk dijadikan bahan ajar apresiasi sastra di kelas XI SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cerita Pendek, Horison, Bahan Ajar, Cerpen, Apresiasi Sastra
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jun 2022 07:48
Last Modified: 18 Jun 2022 08:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item