Keterpaduan dalam Pembelajaran Tematik pada Buku Teks Kelas IV Sekolah Dasar: penelitian Kualitatif dalam Perspektif Bahasa

Herlina, Elin dan Akhadiah, Sabarti dan Safii, Imam (2017) Keterpaduan dalam Pembelajaran Tematik pada Buku Teks Kelas IV Sekolah Dasar: penelitian Kualitatif dalam Perspektif Bahasa. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057004_ELIN HERLINA.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057004_ELIN HERLINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterpaduan materi dan evaluasi yang terdapat dalam buku teks tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar, diantaranya adalah (1) untuk mendeskripsikan keterpaduan pembelajaran tematik pada buku teks untuk kelas IV sekolah dasar dalam perspektif bahasa. (2) untuk menyempurnakan keterpaduan bahan ajar atau materi ajar pada buku teks kelas IV sekolah dasar ditinjau dari perspektif bahasanya. (3) untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi dalam memberikan evaluasi pembelajaran tematik khususnya pada buku teks kelas IV Sekolah Dasar ditinjau dari perspektif bahasanya.. Pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana khususnya analisis konten dan data yang diperoleh melalui analisis teks dan studi dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan kajian keterpaduan materi dan evaluasi pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar secara keseluruhan telah menggambarkan keterpaduan materi dan evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema I Indahnya Kebersamaan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dilihat dari muatan materi dalam buku teks ditinjau dari kurikulum 2013 terdapat keterpaduan walaupun dalam setiap pertemuan pembelajaran tidak semua pelajaran dapat dipadukan namun secara keseluruhan dari pembelajaran dalam satu tema sudah dapat mewakili keterpaduan pengembangan materi pembelajaran.Begitu juga evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterpaduan Materi Pembelajaran Tematik, evaluasi, buku teks, Kurikulum 2013
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jun 2022 07:31
Last Modified: 18 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item