Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen

Lutfi, Lutfi dan Sugono, Dendy dan Sukardi, Sukardi (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057011_LUTFI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057011_LUTFI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitin ini adalah memperoleh data empiris: (1) penggunaan media pembelajaran pemutaran filem dokuementer dan media cetek terhadap kemampuan menulis cerpen, (2) penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen, (3) penggunaan media pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen secara berssama-sama.
Penelitian ini dilakukan pada kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Sempel pada penelitian ini melibatkan 60 siswa. Dibagi menjadi dua kelas, satu kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Terdapat dua jenis intrumen yang digunakan dalam peneitian ini yakni satu intrumen teks penguasaan
kosakata. Kedua intrumen tersebut dilakukan kalibrasi intrumen untuk mengetahui kualitas (validitas dan reabilitas) intrumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antarapenggunaan media pembelajaran pemutaran filem dokumenter dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen yang terlihat dari hasil perhitungan yaitu uji hipotesis dengan uji F dan uji T, diperoleh data sebesar 1095.861 lebih besar dari Ftabel= 4.02 dan uji T sebesar 33.104 lebih besar dibandingkan dengan T dan F tabel. Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti merekomendasikan untuk
menggunakan media pembelajaran pemutaran filem documenter dan penguasaan kosakata siswa memalui optimalisasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis,
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jun 2022 06:33
Last Modified: 18 Jun 2022 06:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item