Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan di SMA 3 Tangerang)

Robianah, Robianah dan Darma, Yoce Aliah dan Hardjatno, N. Jenny M.T. (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan di SMA 3 Tangerang). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1509057019_ROBIANAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1509057019_ROBIANAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran menulis teks ulasan film adalah siswa belum mampu memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan film. Selain itu, siswa merasa pembelajaran menulis tidak memberikan manfaat, tidak menarik, serta membosankan. Penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif merupakan salah satu cara yang dapat dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini adalah mengatasi berbagai permasalahan yang dialami siswa melalui peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film melalui strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kemampuan menulis teks ulasan film para siswa perlu ditingkatkan mengingat kemampuan menulis tersebut belum mencapai hasil yang maksimal atau belum mencapai KKM yang ditetapkan yakni 75. Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui proses pembelajaran menulis teks ulasan film melalui strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap 40 siswa dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan proses
pembelajaran melalui strategi tersebut hasil kemampuan menulis teks ulasan film para siswa mengalami peningkatan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahap, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan
tahap refleksi. Berdasarkan hasil data setiap siklus terjadi peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film. Pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata nilai 78,47 dengan presentase 57,5% siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada siklus 2 yakni 84,42, meningkat 7,6% dari siklus sebelumnya dan sudah seluruhnya siswa mencapai KKM. Dapat dikatakan, kemampuan menulis teks ulasan film siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Tangerang baik pada siklus1 maupun siklus 2 terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis, Kemampuan Menulis, Strategi Pembelajaran
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jun 2022 06:33
Last Modified: 18 Jun 2022 06:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item