Uji Kinerja Turbin Angin Sumbu Vertikal Tipe Savonius 4 Sudu Dengan Variasi Pembebanan Pendulum Konis

Fijar, Harbul (2019) Uji Kinerja Turbin Angin Sumbu Vertikal Tipe Savonius 4 Sudu Dengan Variasi Pembebanan Pendulum Konis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of digital_8057-eSTM-2019006 Harbul Fijar.pdf] UNSPECIFIED
digital_8057-eSTM-2019006 Harbul Fijar.pdf
Restricted to UNSPECIFIED

Download (1MB)

Abstract

Energi angin merupakan sumber daya alam yang dapat diperoleh secara cuma-cuma yang jumlahnya sangat melimpah. Turbin angin adalah suatu alat yang bekerja dengan memanfaatkan energi angindengan proses mengkonversi energi angin menjadi energi gerak mekanik. Energi mekanik ini biasanya di manfaatkan untuk memutar poros kincir dan meneruskan putaran pada poros generator sebagai sumber pembangkit listrik.
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai putaran dan torsi yang dihasilkan turbin angin dengan pembebanan pendulum konis.Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu dengan memanfaatan kecepatan angin yang distabilkan dari sumber angin untuk memutar kincir angin tipe savonius 4 sudu yang telah diberikan pembebanan pendulum konis pada poros turbin.
Hasil dari pengujian turbin angin sumbu vertikal tipe savonius 4 sudu ini yaitu dengan mengukur nilai RPM Turbin angin, nilai RPM turbin angin tanpa pembebanan pendulum yaitu 172,6 RPM sedangkan dengan pembebanan pendulum konis 100 gram menjadi 182,2 RPM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:48
Last Modified: 25 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14923

Actions (login required)

View Item View Item