Hubungan Perhatian kepada Tayangan Iklan XL versi “Logo Baru XL” di Televisi dengan Minat Beli Mahasiswa FISIP UHAMKA Jakarta

Rizki, Reza Octa dan Basuki, Maryono dan Digdoyo, Eko (2016) Hubungan Perhatian kepada Tayangan Iklan XL versi “Logo Baru XL” di Televisi dengan Minat Beli Mahasiswa FISIP UHAMKA Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0806015108_REZA OCTA RIZKI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_0806015108_REZA OCTA RIZKI.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Dalam kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, selain produsen ponsel yang bersaing dengan mengeluarkan beberapa varian ponsel, para provider pun ikut bersaing untuk mendapatkan perhatian khalayak agar tertarik terhadap produk mereka. Salah satu produk barang atau jasa yang diiklankan melalui televisi yaitu XL Axiata. Bertepatan dengan ulang tahun nya yang ke 18 XL Axiata menayangkan iklan versi logo baru XL di televisi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan perhatian kepada tayangan iklan XL versi “logo baru XL” di televisi dengan minat beli pada Mahasiswa FISIP Uhamka Jakarta? Penelitian ini menggunakan paradigm positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan model AIDCA, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survey, dengan jenis penelitian eksplanatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UHAMKA, Jakarta yang berjumlah 563 orang dan sampel 234 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified sampling. Dari hasil analisis korelasi dengan rumus Pearson, dapat disimpulkan hipotesis penelitian diterima (X berkorelasi positif dengan Y), artinya hubungan perhatian tayangan iklan logo baru XL berkorelasi positif dengan minat beli pad mahasiswa FISIP UHAMKA. Untuk penelitian selanjutnya, akan lebih menarik jika meneliti sampai dengan tahap pembelian dan menjelaskan strategi apa yang digunakan perusahaan agar konsumen membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu akan terlihat apakah promosi melalui media televisi dapat meningkatkan penjualan atau tidak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:44
Last Modified: 17 Jun 2022 08:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item