Kepribadian Islami Pada Novel Biografi HAMKA Karya Haidar Musyafa Sebagai Acuan Dalam Pembekalan Generasi Muda (Kajian Psikologi Sastra).

Hermawan, Rudi dan Hikmat, Ade dan Syafii, Imam (2017) Kepribadian Islami Pada Novel Biografi HAMKA Karya Haidar Musyafa Sebagai Acuan Dalam Pembekalan Generasi Muda (Kajian Psikologi Sastra). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1408056032_RUDI HERMAWAN.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1408056032_RUDI HERMAWAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

pemahaman yang mendalam tentang aspek kepribadian tokoh dalam novel HAMKA melalui analisis psikologi tokoh berdasarkan struktur kepribadian Sigmund Freud yang terdiri dari id, ego, dan superego, sehingga dapat digambarkan dengan jelas tentang kepribadian tokohnya. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi. Analisis isi merupakan suatu analisis mendalam yang
dapat menggunakan teknik kuantitatif maupun kualitatif terhadap pesan-pesan menggunakan metode ilmiah dan tidak terbatas pada jenis-jenis variable yang dapat diukur atau konteks tempat pesan-pesan diciptakan atau disajikan. Dari data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, bukan angka-angka. Hasil penelitian berisikan kutipan-kutipan dari kumpulan data untuk memberikan ilustrasi yang selanjutnya diinterpretasikan oleh peneliti. Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu Data kepribadian tokoh dalam novel HAMKA Sebuah Novel Biografi karya Haidar Musyafa. Kepribadian tokoh Hamka lebih mendominasi pada psikologi aspek Id - Prinsip Kesenangan. Kepribadian tokoh Ayahanda Haji Rasul lebih mendominasi pada psikologi aspek Superego - Prinsip Moralistis. Kepribadian tokoh Siti Raham lebih mendominasi
pada psikologi aspek Superego - Prinsip Idealistis. Dan Kepribadian tokoh Ibu Hindun lebih mendominasi pada psikologi aspek Ego - Prinsip Realitas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketiga sifat Id, Ego, dan Superego pada diri Hamka lebih banyak menunjukkan sifat Id – Prinsip Kesenangan, yaitu sifat yang mengungkapkan perihal senang; kepuasan, keenakan, kebahagiaan, kelegaan, kegemaran, kesukaan, dan hobi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Tokoh, dan Psikologi Sastra.Biografi Hamka
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:58
Last Modified: 17 Jun 2022 08:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14901

Actions (login required)

View Item View Item