Ketahanmalangan (Adversity Quotient) pada Tokoh Enong dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata (Kajian Psikologi Sastra).

Kurniawan, Roni dan Hardjatno, N. Jenny M.T. dan Sumardi, Sumardi (2017) Ketahanmalangan (Adversity Quotient) pada Tokoh Enong dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata (Kajian Psikologi Sastra). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1408056031_RONI KURNIAWAN.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1408056031_RONI KURNIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kecerdasan Mengatasi Kesulitan (Adversity Quotient) pada tokoh Enong dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis), yaitu menganalisis data yang sudah dideskripsikan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra, dengan teori yang digunakan adalah Adversity Quotient yang dikemukakan oleh Paul G. Stoltz. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tokoh Enong memiliki kecerdasan dalam menghadapi kesulitan atau Adversity Quotient (AQ) sebagai seorang climber. Climber sendiri merupakan sosok pejuang. Climber selalu bersungguh-sungguh dalam menjalani hidupnya, memiliki rasa optimis, memiliki rencana-rencana untuk hidupnya dan mereka adalah sosok pemikir yang tidak akan membiarkan hambatan-hambatan yang menghampiri menghentikan perjuangannya. Ada 9 faktor yang mempengaruhi AQ seseorang dalam menjalani hidup yaitu kinerja, bakat, kemauan, kecerdasan, kesehatan, karakter, genetika, pendidikan dan keyakinan.. Pada tokoh Enong, faktor-faktor yang dominan muncul adalah kemauan dan keyakinan. Hal ini sangat berkaitan dengan sosok climber. Seorang climber pasti memiliki kemauan dan keyakinan yang kuat dalam dirinya. Selain faktor kemauan dan keyakinan, ada faktor lain yang peneliti temukan dalam diri Enong saat menghadapi kesulitan. Faktor tersebut di luar 9 faktor yang dikemukakan oleh Paul G. Stoltz, yaitu faktor pengalaman. Ternyata pengalaman sangat berperan besar di dalam menghadapi kesulitan. Berkat pengalaman, Enong pernah menjadi seorang climber dan karena pengalaman juga Enong menjadi seorang camper. Pembahasan mengenai novel Padang Bulan berkaitan dengan pengajaran sastra di SMA, terdapat dalam kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar yaitu menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan hasil analisis teks novel, serta memahami sruktur dan kaidah teks novel baik lisan maupun tulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, kecerdasan, tokoh Enong, novel Padang Bulan.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:58
Last Modified: 17 Jun 2022 08:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item View Item