Pengaruh Media Pembelajaran dan Tingkat Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Menulis Cerpen (Eksperimen di MTs Darul Ulum, Jakarta Barat).

Sukaedi, Asep dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2017) Pengaruh Media Pembelajaran dan Tingkat Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Menulis Cerpen (Eksperimen di MTs Darul Ulum, Jakarta Barat). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1308056039_ASEP SUKAEDI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1308056039_ASEP SUKAEDI.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpan. Penelitian tersebut merupakan studi eksperiman dengan desain faktorial 2X2 yang dilakukan di kelas VII MTs Darul Ulum. Untuk menguji hipotesis, data dianaliais dengan ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen secara bermakna. (2) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa terhadap kemampuan menulis cerpen. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bagi siswa dengan tinggkat kemandirian tinggi dan rendah media pempelajaran audio lebih baik daripada media visual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, tingkat kemandirian, kemampuan menulis cerpen
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:59
Last Modified: 17 Jun 2022 08:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item