Pluralisme Dalam Novel Rumah di Seribu Ombak serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Struktural Genetik)

Febrian, Aryo dan Ibrahim, Nini dan Hikmat, Ade (2016) Pluralisme Dalam Novel Rumah di Seribu Ombak serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Struktural Genetik). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1308056029_ARYO FEBRIAN.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1308056029_ARYO FEBRIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur pluralisme dalam novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada dengan kajian structural genetik, dan dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Objek penelitian berupa novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada. Penelitian ini berfokus pada unsur pluralisme yang mencakup pluralism etnik, pluralisme politik, struktur pluralistik, model pluralis, dual pluralis, dan pluralisme media pada novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada dan kajian struktural genetiknya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada, yang dianalisis memiliki 60 kalimat yang mengandung unsur pluralisme, yang terbagi menjadi pluralisme etnik 34 kalimat, pluralism politik 2 kalimat, struktur pluralistik 7 kalimat, model pluralis 9 kalimat, dual pluralis 7 kalimat, dan pluralisme media 1 kalimat. Berdasarkan penjelasan tesebut, pluralisme etnik yang mendominasi dalam novel Rumah di Seribu Ombak yang mengisahkan tentang harmonisasi warga pendatang dengan penduduk lokal. Berdasarkan 60 kalimat hasil analisis pluralisme dan dikaji dengan strukturalisme genetik, terdapat 102 unsur intrinsik yang terbagi menjadi tema 49 kalimat, penokohan 21 kalimat, alur 1 kalimat, latar 17 kalimat, gaya Bahasa 6 kalimat, dan sudut pandang 8 kalimat. Kemudian memiliki 36 unsur ekstrinsik yang terbagi menjadi pandangan sosial pengarang 6 kalimat, sejarah karya 19 kalimat, dan pandangan dunia pengarang 11 kalimat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, Toleransi, Genetik
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:59
Last Modified: 17 Jun 2022 08:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item