Keterkaitan Simbol Matematika Terhadap Narasi dalam Novel Buku Panduan Matematika Terapan Karya Triskaidekaman dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Hidayati, Zulha dan Nawawi, Nawawi (2020) Keterkaitan Simbol Matematika Terhadap Narasi dalam Novel Buku Panduan Matematika Terapan Karya Triskaidekaman dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045081_ZULHA HIDAYATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045081_ZULHA HIDAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara simbol matematika dengan narasi cerita di dalam novel Buku Panduan Matematika Terapan karya Triskaidekaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi. Penulis mengklasifikasikan rumus dan simbol matematika yang terdapat di dalam novel. Dari kutipan yang dianalisis, didapatkan simbol berkategori dan simbol yang tidak memiliki kategori. Simbol berkategori di antaranya; simbol operasi, simbol logika dan himpunan, simbol relasi, simbol dengan bilangan, simbol peluang dan statistika, simbol proposisi, simbol pengelompokan. Simbol yang tidak termasuk kategori tetap memiliki arti meskipun sifatnya bebas. Setiap klasifikasi rumus dan simbol yang dianalisis terdapat arti yang berkaitan dengan narasi cerita di dalam novel Buku Panduan Matematika Terapan karya Triskaidekaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:21
Last Modified: 28 Jun 2022 08:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14856

Actions (login required)

View Item View Item