Analisis Ragam Bahasa Jurnalistik pada Teks Media Cetak Mengenai Penetapan UU KPK

Rachmatika, Zahra Arinda dan Sulistyawati, Sulistyawati (2020) Analisis Ragam Bahasa Jurnalistik pada Teks Media Cetak Mengenai Penetapan UU KPK. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045014_ZAHRA ARINDA RACHMATIKA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045014_ZAHRA ARINDA RACHMATIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya analisis ragam bahasa jurnalistik pada teks media cetak mengenai penetapan UU KPK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan analisis yang digunakan adalah kajian isi. Subjek penelitian ini adalah 6 media cetak dengan 12 artikel edisi 24-25 September 2019. Objek penelitian ini adalah karakteristik ragam jurnalistik,
penyimpangan jurnalistik, dan gaya bahasa. Media cetak salah satu alat yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan berita secara berkala atau setiap harinya dalam bentuk lembaran. Adanya media sebagai penyampai informasi memungkinkan manusia menimbulkan beberapa tafsir yang harus diperhatikan oleh pembuat berita terutama jurnalistik. Untuk itu pada Ragam Bahasa Jurnalistik terdapat karakakteristik bahasa jurnalistik dengan menemukan sebanyak 9 data, data tersebut terdiri dari (1) Komunikatif, (2) Spesifik, (3) Hemat kata, (4) Jelas Makna, (5) Tidak Mubazir atau Klise. Serta penyimpangan ragam jurnalistik menemunakan sebanyak 5 data, data tersebut terdiri dari (1) Penyimpangan Ejaan dan tanda baca, (2) Penyimpangan Gramatikal; (a) Kesalahan pemenggalan, (b) Kesalahan kesalahan morfologi, (c) Kesalahan Sintaksis. Tak hanya itu untuk memperindah kata dan makna kata, jurnalistik perlu memahami pula penggunaan
gaya bahasa. Hasil dari penelitian ini menemukan 82 data terdiri dari penggunaan gaya bahasa berdasarkan pilihan kata dan berdasarkan langsung tidaknya makna. Dari 82 data tersebut meliputi gaya bahasa (1) Resmi, (2) Tak Resmi, (3)
Percakapan, (4) Persamaan/Simile, (5) Metafora, (6) Alegori, Parabel, Fabel, (7) Personifikasi, dan (8) Alusi. Gaya bahasa cenderung digunakan adalah personifikasi dengan 24 data.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:20
Last Modified: 28 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item View Item