Uji Kinerja Dapur Peleburan Aluminium dan Paduannya Kapasitas 15 Kg Berbahan Bakar Gas

Saputra, Ega Romdoni (2015) Uji Kinerja Dapur Peleburan Aluminium dan Paduannya Kapasitas 15 Kg Berbahan Bakar Gas. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of digital_6009-eSTM-2015006 Ega Romdoni Saputra.pdf]
Preview
Text
digital_6009-eSTM-2015006 Ega Romdoni Saputra.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Dapur Peleburan adalah sebuah dapur atau tempat yang dilengkapi dengan heater (pemanas). Bahan padat dicairkan sampai suhu titik cair logam dan bisa ditambahkan campuran bahan seperti chrom, silikon, titanium, aluminium dan lain - lain untuk bahan yang lebih baik. Bahan yang sudah cair dapat dituangkan ke dalam cetakan.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah melakukan pengujian kinerja dapur peleburan aluminium berkapasitas 15 kg dari segi perancangan yang telah di buat, Menentukan nilai lamanya waktu peleburan dan banyaknya bahan bakar yang digunakan dalam proses melebur bahan baku. Sehingga dapur yang telah di uji dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan laboratorium teknik mesin UHAMKA.
Berdasarkan hasil pengujian didapatkan lamanya waktu proses peleburan 5,26 jam, banyaknya bajan bakar yang digunakan 0,66 kg untuk melebur bahan baku setiap satu kilonya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:08
Last Modified: 12 Jul 2022 02:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14834

Actions (login required)

View Item View Item