Rancang Bangun Magnet Pembersih Paku Menggunakan Arus Listrik Baterai Motor Yamaha Mio Automatic

Ardiansyah, Sena (2015) Rancang Bangun Magnet Pembersih Paku Menggunakan Arus Listrik Baterai Motor Yamaha Mio Automatic. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of digital_6013-eSTM-2015002 Sena Ardiansyah.pdf]
Preview
Text
digital_6013-eSTM-2015002 Sena Ardiansyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Elektromagnet merupakan kumparan kawat dengan inti bahan magnetik. Jika elektromagnet dialiri arus, maka elektromagnet itu berlaku seperti magnet batang, kutub utara dan selatan magnet terletak pada ujung-ujungnya. Jika arus diputus, maka elektromagnet tidak lagi bersifat magnet. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah merancang bangun magnet pembersih paku menggunakan arus listrik baterai aki motor Yamaha mio matic, bagaimana merancang alat untuk
mengangkat beban paku 0,25 kg menggunakan arus baterai aki kering 12 V, untuk tenaga listriknya dan menghitung berapa daya yang dibutuhkan, arus yang mengalir dan jumlah lilitan. Dalam proses perancangan alat magnet harus menggunakan sebuah solenoida yang baik, dengan harapan medan magnet dapat menarik paku seberat 0,25 kg secara optimal. Jumlah lilitan menggunakan inti besi berbentuk lingkaran, menggunakan saklar on/off sebagai pemutus dan penghubung arus listrik, Tegangan di peroleh dari satu buah baterai aki kering sebesar 12 V motor Yamaha mio matic, dan menggunakan alat bantu pengujian dengan kecepatan 20km/jam sampai 40 km/jam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:22
Last Modified: 25 Oct 2022 07:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item