Pengaruh Kualitas Informasi Tentang Program 3T (Tertib Hunian, Tertib Dagang, Tertib Buang Sampah) Melalui Media Sosial Twitter Oleh Sudin Kominfomas Jakarta Selatan Terhadap Pengetahuan Followers Tentang Program 3T

Januariny, Wita dan Basuki, Maryono dan Putra, Gilang Kumari (2016) Pengaruh Kualitas Informasi Tentang Program 3T (Tertib Hunian, Tertib Dagang, Tertib Buang Sampah) Melalui Media Sosial Twitter Oleh Sudin Kominfomas Jakarta Selatan Terhadap Pengetahuan Followers Tentang Program 3T. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1206015094_WITA JANUARINY.pdf] Text
FISIP_ILKOM_1206015094_WITA JANUARINY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintahan Kota Jakarta Selatan seperti halnya instansi pemerintah yang lain, unsur komunikasi merupakan hal yang sangat penting karena melalui proses komunikasi suatu organisasi khususnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta selatan dapat berhubungan dengan publik, baik hubungan secara internal maupun eksternal. Salah satu program kegiatan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan adalah Program 3T. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana Pengaruh Kualitas Informasi tentang Program 3T Melalui Media Sosial oleh Sudin Kominfomas terhadap Pengetahuan Followers tentang Program 3T?” Penelitian ini menggunakan Paradigma Positivisme kemudian Teori-teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Kognitif, S-O-R dan AIDDA untuk menjelaskan media massa atau media sosial dapat membantu menyebarkan informasi dan membantu khalayak dalam mempelajari informasi yang bermanfaat dan menumbuhkan minat dari individu tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitiaan adalah Followers Twitter Pemerintahan Kota Jakarta Selatan berjumlah 1.824 followers. Sampel yang di dapat sebanyak 96 followers dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu followers twitter. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil penelitian yang di dapat adalah uji korelasi parametric di atas ditunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,783, berdasarkan tabel Guilford, tingkat keeratan korelasi termasuk sedang, nilai signifikan pada 0,01 dan lebih kecil dari pada 0,05. Ini berarti Sudin Kominfomas Jakarta Selatan mempunyai kualitas yang baik dalam menyajikan program kepada masyarakatnya (dalam hal ini Followers Twitter Pemerintahan Kota Jakarta Selatan) tentang 3T.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:05
Last Modified: 16 Jun 2022 08:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

View Item View Item