ANALISA PERBANDINGAN SALURAN TRANSMISI MENGGUNAKAN SERAT OPTIK DENGAN SERAT TEMBAGA (coaxial) PADA TVRO (Televisi Receive Only)

Mulyadi, Mulyadi (2016) ANALISA PERBANDINGAN SALURAN TRANSMISI MENGGUNAKAN SERAT OPTIK DENGAN SERAT TEMBAGA (coaxial) PADA TVRO (Televisi Receive Only). Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_6330-eSTE- 2016003 Mulyadi.pdf]
Preview
Text
digital_6330-eSTE- 2016003 Mulyadi.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Sistem TVRO (Televisi Receive Only) merupakan sistem komunikasi satelit yang berperan sebagai penerima berbagai siaran diseluruh dunia. TVRO telah bekerja dengan baik jika sinyal informasi yang diterima sesuai dengan sinyal yang dikirim oleh satelit. Pada sistem TVRO ada sebuah perangkat yang memiliki peranan penting yaitu saluran transmisi yang digunakan. Ada dua pilihan kabel saluran transmisi yang dapat digunakan, yaitu kabel serat optik dan kabel serat tembaga. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ke empat parameter link satelit yang terdiri C/N, RSL, BER dan MER.
Penggunaan kabel serat optik menghasilkan nilai C/N >22,4 dB sementara pada kabel serat tembaga C/N yang diperoleh adalah >13,4 dB. Nilai RSL -27 dB didapatkan dari saluran kabel serat optik pada kabel serat tembaga RSL -70 dB, selanjutnya pada kabel serat optik nilai BER<1,0 E-6 sementara pada kabel serat tembaga BER <1,0 E-6. Dan yang terakhir adalah nilai MER 21,8 dB untuk kabel serat optik dan untuk kabel tembaga MER -- dB. Berdasarkan nilai ke empat parameter diatas maka dapat disimpulkan bahwa performansi sistem TVRO yang menggunakan saluran kabel serat optik lebih baik kualitasnya dibandingkan menggunakan kabel tembaga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:28
Last Modified: 12 Jul 2022 02:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item