Pengaruh Larutan CaCO3 Terhadap Gas Buang Kendaraan Bermotor

Toni, Toni (2016) Pengaruh Larutan CaCO3 Terhadap Gas Buang Kendaraan Bermotor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of digital_8050-eSTM-2016003 Toni.pdf]
Preview
Text
digital_8050-eSTM-2016003 Toni.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gas buang kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemaran, terutama gas karbondioksida (COz) dan karbonmonoksida (CO). Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk meminimalisir kandungan karbondioksida (COz) dan
karbonmonoksida (CO) tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh larutan CaCOt terhadap gas buang karbonmonoksida (Co) dan karbondioksida (Co) pada kendaraan bermotor.
Gas buang kendaraan mengandung gas karbondioksida (COz) dan
karbonmonoksida (CO) dialirkan ke dalam absorben yang berisi larutan CaCO:, dan hasil keluaran yang dihubungkan ke gas analyzer, sehingga didapatkan datadata komponen gas. Untuk mengetahui kandungan gas kandungan karbondioksida (COz) dan karbonmonosida (CO) digunakan pH.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa pH air semakin besar bila dicampurkan pada CaCO3, untuk uji emisi karbonmonoksida (CO) terjadi penurunan signifikan setelah menggunakan larutan CaCO3 dari l,1670 menjadi 0,46 % sedangkan karbondioksida (COz) cenderung menurun sebelum dengan sesudah menggunakan 3 ppm larutan CaCO3 dari 10,63 % menjadi 9,6 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:28
Last Modified: 13 Jul 2022 02:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item