Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan

Safitri, Diah Lestari dan Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025186_DIAH LESTARI SAFITRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025186_DIAH LESTARI SAFITRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design serta Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan K-R 20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,886 > 0,404, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji pesyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen metode Simulasi Lo < Lt yaitu 0,137 < 0,190 dan kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,155 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi Normal. Sedangkan uji hoomogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,80 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji Hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,807 > 2,024. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan motode Simulasi terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri 02 Banding Agung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:05
Last Modified: 24 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14769

Actions (login required)

View Item View Item