Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi Siswa Kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi

Ulfa, Maria dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi Siswa Kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025174_MARIA ULFA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025174_MARIA ULFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020 di masa pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Dengan tahapan penelitian yakni melaksanakan pembelajaran di kelas IV-A dengan menggunakan model Role Playing dan kelas IV-B dengan tidak menggunakan Role Playing melalui grup WhatsApp. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 24 soal valid dan 6 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,38>0,33 rtabel, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh data baik kelas eksperimen maupun kontrol memiliki nilai Lo<Lt, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh diperoleh data baik kelas eksperimen maupun kontrol memiliki nilai Lhitung<Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 2,168 dengan ttabel 2,001 pada a = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing pada hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi siswa kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:04
Last Modified: 24 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item