Analisis Etika Belajar Peserta Didik Dimasa Daring Via Zoom dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Di Sma Bunda Kandung Jakarta

Nuary, Rusdi Hamdany dan Nuriadin, Ishaq dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Etika Belajar Peserta Didik Dimasa Daring Via Zoom dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Di Sma Bunda Kandung Jakarta. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MTK_1809097014_Rusdy Hamdany.pdf]
Preview
Text
SPS_MTK_1809097014_Rusdy Hamdany.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi terhadap siswa kelas x iis mengenai komunikasi matematis siswa pada etika belajar di masa daring via zoom. Temuan pertama awal menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis sudah muncul tetapi belum optimal. Untuk itu perlu diketahui bagaimana komunikasi matematis siswa kelas x iis terhadap etika belajar di masa daring via zoom. Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk menganalisi etika belajar siswa dimasa daring via zoom terhadap komunikasi matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengungkap fakta, keadaan dan menyuguhkan apa adanya. Teknik pengumpulan data Menurut Sugiyono bila dilihat dari segi cara atau teknik pengumpulan data, maka teknik pengumpulan data dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/ gabungan. Penelitian ini melibatkan tiga siswa dari kelas x iix dan guru sebagai validator di SMA Bunda Kandung. Teknik analisis data model interaktif terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pertama adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis etika belajar pesertadidik dimasa daring via zoom terhadap komunikasi matematis siswa untuk sabjek 1 dan 2 sudah optimal karena subjek 1 dan 2 mampu mengkomunikasikan, mengekspresikan ide/gagasan, mengelolah pemikiran
,menganalisis dan mengevaluasipikiran matematis. Akan tetapi pada subjek 3 belum optimal dalam mengkomunikasikan pikiran matematisnya secara koheran dan jelas karena dalam berertika sabjek kurang mampu dalam mengelolah menganalisis pemikirannya dan dalam berertikapun subjek 3 kurang mampu bersikap baik dengan teman sejawatnya di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: etika belajar, daring, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:45
Last Modified: 16 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item