Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang

Suhendar, Aris dan Azhar, Ervin dan Nuriadin, Ishaq (2020) Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MTK_1709097003_Aris Suhendar.pdf]
Preview
Text
SPS_MTK_1709097003_Aris Suhendar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap
Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK
Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei
dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 12 Kabupaten
Tangerang dan sampel yang diambil sebanyak 95 siswa. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang signifikan
antara self-efficacy terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien
korelasi antara self-efficacy terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,362 lebih besar
dari = 0,05 atau 0,362 > 0,05, berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara selfefficacy
terhadap hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,095, yang berarti memiliki
derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara self-efficacy terhadap hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat
rendah dan arah hubungan yang positif. Hipotesis kedua tidak terdapat hubungan yang
signfikikan antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil
belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara sikap pembelajaran
matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,185
> 0,05, yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap pembelajaran
matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi
0,137 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa tidak
terdapat hubungan yang signifikan antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new
normal terhadap hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan
yang negatif. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersama-sama antara self- efficacy dan
sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar, yang
ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,033 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan
yang signifikan secara bersama-sama antara self- efficacy dan sikap pembelajaran matematika
dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,268
menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah.
Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,072 artinya 7,2% hasil
belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan dan self-efficacy dan sikap pembelajaran
matematika dalam kondisi new normal. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara self-efficacy dan sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap
hasil belajar yang memiliki besar hubungan rendah dan arah hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, sikap pembelajaran matematika, hasil belajar matematika
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:47
Last Modified: 16 Jun 2022 04:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item