Eksistensi Masyarakat Sekitar Kawasan Wisata Edukasi Sejarah Goa Seplawan Di Tengah Wabah Covid 19 (Suatu Tinjauan Sosial Ekonomi)

Rozi, Achmad Fachrul dan Pradita, Sily Mei (2020) Eksistensi Masyarakat Sekitar Kawasan Wisata Edukasi Sejarah Goa Seplawan Di Tengah Wabah Covid 19 (Suatu Tinjauan Sosial Ekonomi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075026_ACHMAD FACHRUL ROZI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075026_ACHMAD FACHRUL ROZI.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menguraikan awal mula didirikannya Wisata Edukasi Sejarah Goa Seplawan, menjelaskan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata edukasi sejarah goa seplawan sebelum terjadinya wabah Covid 19, mendeskripsikan keberadaan objek Wisata Edukasi Sejarah Goa Seplawan di tengah wabah Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggali data secara lebih mendalam. Penelitian dilakukan juga untuk mempelajari secara intensif mengenai unit sosial tertentu, meliputi individu dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Objek wisata edukasi sejarah goa seplawan sudah ada sejak dahulu menurut cucu dari pemilik tanah seplawan. Bagi masyarakat sekitar tentang Goa Seplawan tidak asing lagi karena dengan ditemukannya sepasang Arca Emas dari dalam Goa Seplawan berbentuk Raja dan Permaisuri seberat 1,6 kg, berukuran 4,6 cm x 9,8 cm x 9,8 cm, tinggi 12,6 cm. (2) Keberadaan objek wisata edukasi sejarah goa seplawan sebelum wabah menyerang daerah setempat memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar objek wisata dan keadaan sosial yang sangat menguntungkan seperti adanya kelompok wisata sebagai penunjang dari objek wisata edukasi sejarah goa seplawan. (3) Di tengah wabah yang menimpa daerah Donorejo membuat pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan mengenai persebaran Covid 19 guna memutus mata rantai persebaran Covid 19 di daerah Donorejo, dengan begitu membuat akses perjalanan ke wisata di tutup dan membuat objek wisata edukasi goa seplawan hanya bisa melakukan perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 03:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item View Item