Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Di Tengah Pandemi COVID-19

Aprilia, Desyanti dan Pradita, Silvy Mei (2020) Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Di Tengah Pandemi COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075022_DESYANTI APRILIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075022_DESYANTI APRILIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19; (2) Menganlisis pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19; (3) Menganalisis kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis data Rasch Model. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala Sekolah SMAN 10 Tangerang Selatan melakukan sosialisasi kepada guru-guru terkait pemberitahuan pelaksanaan pembelajaran daring dan aplikasi penunjang pembelajaran daring, yang dilakukan melalui media online. Para guru memutuskan untuk menggunakan aplikasi google classroom sebagai media penunjang pembelajaran daring. Perencanaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom, antara lain, wali kelas memilih perwakilan kelas untuk bertanggung jawab menyampaikan informasi terkait pembelajaran daring pada teman sekelasnya, guru membuat kelas di google classroom menggunakan email pribadi, siswa akan diberitahukan untuk bergabung ke kelas yang telah dibuat; (2) Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS menggunakan aplikasi Google Classroom terlaksana dengan baik. Siswa mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal dengan presentase 89.29% dan siswa selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan presentase 100%; (3) Setiap siswa memiliki kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring, oleh sebab itu presentase kendala yang dihadapi siswa 100%. Kendalanya antara lain gangguan sinyal saat pembelajaran dan terbatasnya kuota internet, sedangkan kendala yang disebabkan oleh aplikasi Google Classroom memiliki presentase 50%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:41
Last Modified: 24 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item View Item