Pemanfaatan Situs Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon dalam Materi Pembelajaran Sejarah di Kelas X (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Palimanan)

Indriyani, Frida dan Suswandari, Suswandari (2020) Pemanfaatan Situs Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon dalam Materi Pembelajaran Sejarah di Kelas X (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Palimanan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075021_FRIDA INDRIYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075021_FRIDA INDRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana cara memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan sebagai sumber pembelajaran dalam materi pembelajaran sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan dari aspek guru, aspek siswa, aspek sekolah, dan aspek orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara dan analisis data secara kualitatif untuk mendapatkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana kedudukan situs Keraton Kasepuhan yang saat ini dijadikan sebagai pusat edukasi dan bentuk integrasi yang dilakkan oleh guru dalam memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan dalam pembelajaran sejarah bagi siswa serta dijelaskan juga bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, siswa, pihak sekolah, maupun orang tua dalam memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan, sehingga ada upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:41
Last Modified: 24 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item