Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Karakter

Utami, Nadia dan Qodariah, Lelly (2020) Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Karakter. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075019_NADIA UTAMI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075019_NADIA UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan latar belakang sosial budaya yang membentuk kepribadian Ki Hadjar Dewantara dan konsep pendidikan karakter yang dicetuskannya. Lalu mengidentifikasi ciri khas pemikiran pendidikan karakter serta menganalisis implementasi maupun dampak pemikiran pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara. Peneliti menggunakan metodologi penelitian sejarah yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengungkap, menjelaskan, dan menarik peristiwa masa lampau sehingga jelas diarahkan pada metode sejarah yang berguna untuk masa kini dan masa yang akan datang. Temuan yang didapatkan peneliti bahwasanya pemikiran pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara sangat relevan untuk menjadi salah satu solusi terbaik dalam menghadapi kemelut pendidikan di Indonesia. Sistem among menjadi cara bagi guru dalam mendidik karakter dengan menggunakan prinsip Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Pada sistem among ditekankan untuk pengembangan hidup lahir dan batin anak menurut kodratnya masing-masing. Tujuan dari sistem among adalah untuk membangun peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas dan terampil, serta sehat jasmani dan rohani. Kecerdasan karakter akan terwujud apabila Tri Pusat Pendidikan sepenuhnya bersatu yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk menangani persoalan moral pada peserta didik dibutuhkan tekad kuat dalam penanaman karakter. Karakter menjadi penyeimbang untuk menciptakan generasi yang bijak serta berintelektual dan mampu bersikap baik pada lingkup masyarakat serta membawa kearah pembangunan bangsa. Salah satu solusi terbaik yaitu dengan membumikan kembali pemikiran Ki Hadjar Dewantara perihal pendidikan karakter dan mengimplementasikannya secara bertahap dengan penuh keseriusan agar tercapai tujuan pendidikan nasional secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:22
Last Modified: 27 Jun 2022 01:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item