Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pencak Silat Betawi (Studi Kasus Perguruan Silat Aliran Sabeni)

Tamara, Dhea Abti dan Gunawan, Rudy (2020) Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pencak Silat Betawi (Studi Kasus Perguruan Silat Aliran Sabeni). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075017_DHEA ABTI TAMARA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075017_DHEA ABTI TAMARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi perkembangan karakter anak yang dapat dibentuk melalui kegiatan pencak silat aliran Sabeni yang mengandung nilai pendidikan positif yang berdampak baik jika dijalankan dan dterapkan dengan baik juga. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Betawi di perguruan silat aliran Sabeni, lalu mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam pencak silat Sabeni beserta dampaknya, menjelaskan startegi yang diterapkan dalam proses pembentukan karakter anak melalui pencak silat Betawi khususnya di perguruan silat aliran Sabeni, serta menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembentukan karakter melalui pencak silat Betawi di perguruan silat aliran Sabeni. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Dalam tahapan pengembangan karakter anak diperlukannya suatu kegiatan yang memiliki nilai positif yang dapat menunjang berhasil atau tidaknya pembentukan karakter tersebut. Banyak kegiatan yang memiliki nilai postif serta dapat megembangkan bakat anak salah satunya kegiatan pencak silat. Pencak silat merupakan ilmu bela diri yang mengandung nilai pendidikan di dalamnya. Pencak silat ini dapat membantu mental anak atau seseorang menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. 2) Salah satu pencak silat yang mengandung nilai pendidikan karakter ialah pencak silat Sabeni. pencak silat Sabeni merupakan pencak silat tradisional khas kebudayaan Betawi. Pelaksanaan kegiatan pencak silat Sabeni ini juga menerapkan 4 aspek utama dalam pencak silat yang telah dijelaskan diatas yaitu aspek akhlak/spiritual, aspek bela diri, aspek budaya dan aspek olahraga. 3) Penanaman nilai pendidikan dalam membentuk karakter anak melalui pencak silat Sabeni di lakukan dengan berbagai kegiatan positif seperti pengajian, membaca doa bersama, tausyiah menjalankan ibadah bersama, kegiatan sosial dengan membantu orang lain yang menagalami musibah. Tak hanya kegiatan saja tetapi guru/pelatih selalu memberikan pesan dan motivasi kepada murid pencak silat untuk selalu menjalankan kebaikan dan semangat dalam mempelajari ilmu bela diri. Memberikan pembiasaan untuk mematuhi tata tertib yang ada di perguruan. Dengan menerapkan hal baik maka akan menjadi pembiasaan yang akan selalu dilakukan oleh murid pencak silat. Dengan begitu maka akan tertanam nilai pendidikan seperti nilai religius, nilai disiplin, tanggung jawab, amanah, peduli sosial, menghormati, tidak sombong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus yang melihat dari fenomena yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:41
Last Modified: 24 Jun 2022 03:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item