Pengaruh Metode Two Stay Two Stray Terhadap Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Kebon Kosong 13 Pagi Jakarta Pusat

Prasetiyo, Putra Panji dan Aslam, Aslam (2020) Pengaruh Metode Two Stay Two Stray Terhadap Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Kebon Kosong 13 Pagi Jakarta Pusat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025136_PUTRA PANJI PRASETIYO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025136_PUTRA PANJI PRASETIYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh pada penerapan metode two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 & 4 kelas IV SD Negeri Kebon Kosong 13 Pagi Jakarta Pusat pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 20 soal valid dan 10 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,803 > rtabel 0,361 , maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan chi kuadrat yang diperoleh pada data pretest x2 5,70 (kelas eksperimen) dan 6,28 (kelas kontrol) < x2 tabel 7,81 , pada data posttest x2 2,56 (kelas eksperimen) dan 4,00 (kelas kontrol) < x2 tabel 7,81 , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f yaitu data pretest fhitung 1,014 < fhitung 1,841 dan data posttest fhitung 1,027 < fhitung 1,841 , maka dapat disimpulkan bahwa data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 2,248 dengan ttabel 2,000 pada α = 0,05. Dengan thitung > ttabel maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan metode two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Kebon Kosong 13 Pagi Jakarta Pusat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode two stay two stray terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri Kebon Kosong 13 Pagi Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:44
Last Modified: 24 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item