Peran Soeharto dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Tahun 1973-1984 (Sejarah SD Inpres di Indonesia)

Zakiyah, Khoirunnisa dan Gunawan, Rudy (2020) Peran Soeharto dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Tahun 1973-1984 (Sejarah SD Inpres di Indonesia). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075012_KHOIRUNNISA ZAKIYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075012_KHOIRUNNISA ZAKIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas dan nyata, tentang peran Soeharto dalam membangun pendidikan di Indonesia tahun 1973-1984 (Sejarah SD INPRES di Indonesia). Seperti yang sudah diketahui bahwa pada pemerintahan Presiden Soeharto Indonesia mengalami peningkatan disektor ekonomi dan Seoharto berencana memberantas buta aksara yang terjadi di masyarakat Indonesia saat itu dengan gerakan wajib belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode Historis, yang menempuh Langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik (pengumpulan sumber-sumber yang relevan), kritik sumber (kritik eksternal dan internal), Interpretasi (Langkah Penafsiran) dan Historiografi (Penulisan sejarah). Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran Soeharto membangun pendidikan di Indonesia dengan membangun SD INPRES di seluruh pelosok daerah di Indonesia, dengan tujuan agar seluruh anak Indonesia dapat mengenyam dan merasakan bangku pendidikan dan juga memberantas buta aksara sejak dini. Serta menegtahui bagaimana kondisi pemerataan fasilitas pendidikan pada zaman pemerintahan presiden Soeharto yang mana pada zaman tersebut terjadi pengangkatan guru besar-besaran dan bagaimana presiden meyikapi dan mengayomi para guru serta siswa dalam memberikan fasilitas dalam program SD INPRES ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Soeharto dalam membangun pendidikan di Indonesia tahun 1973-1984 (Sejarah SD INPRES di Indonesia) memegang peranan sangat penting di mana pembangunan Gedung-gedung sekolah semakin banyak, jumlah murid bertambah dan akan tetapi dalam segi kualitas cenderung kurang memadai karena fasilitas yang diberikan kepada tenaga pengajar tidak sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:40
Last Modified: 24 Jun 2022 02:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item