Penyalahgunaan NAPZA dalam kalangan pelajar dan mahasiswa (Studi Kasus di Rumah Rehabilitasi Sosial IPLW Yayasan SehatMenuju Bina Lanjut (Sembilan) Kota Jakarta Barat Tahun 2018).

Ardiansyah, Suriadi dan Marzali, Amri dan Qodariah, Lelly (2018) Penyalahgunaan NAPZA dalam kalangan pelajar dan mahasiswa (Studi Kasus di Rumah Rehabilitasi Sosial IPLW Yayasan SehatMenuju Bina Lanjut (Sembilan) Kota Jakarta Barat Tahun 2018). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1609077006_SURIADI ARIANSYAH.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1609077006_SURIADI ARIANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyalahgunaan NAPZA dalam kalangan pelajar dan mahasiswa, Faktor Lingkungan yang lebih mempengaruhi penyalahgunaan NAPZA dan upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA dalam kalangan pelajar dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di rumah rehabilitasi sosial IPWL Yayasan Sehat Menuju Bina Lanjut Kota Jakarta Barat pada bulan mei dan juni Tahun 2018. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif (Qualitative Reaseach) dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara mendalam dan FGD dengan informan serta Observasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan informan menggunakan Non-Probability Sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari informan Pembina, Ketua, Konselor, pelajar dan mahasiswa. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam enelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap penyalahgunaan NAPZA ada dua yaitu faktor lingkungan pertemanan (peer group) dan faktorlingkungan keluarga. Lingkungan pertemanan disebabkan oleh rasa ingin tahu (cobacoba), ingin di akui dilingkungan pertemananya dan ingin mencari jati diri sehingga pelajar dan mahasiswa menyalahgunakan NAPZA. Faktor lingkungan keluarga kurangya pengawasan orang tua, kurangnya waktu, perhatian dengan pelajar dan mahasiswa sehingga menyebabkan pelajar dan mahasiswa menyalahgunakan NAPZA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyalahgunaan, NAPZA, Pelajar dan Mahasiswa
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item