Pengaruh latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi

SARDIYO, R. dan Suprapto, Ch. dan Bandarsyah, Desvian (2019) Pengaruh latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077026_SARDIYO.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077026_SARDIYO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI Sekolah
Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas 6 Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kelurahan Duren Jaya, Kecematan Bekasi Timur, Kota Bekasi. sebanyak 4 SDN
yang berjumlah 165 siswa tahun ajaran 2018 – 2019. Data penelitian dianalisis dalam dua
bentuk yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskripsi data dilakukan
dalam bentuk perhitungan statistik dasar seperti nilai rata-rata, median, modus, simpangan baku, varians,nilai minimum, nilai maksimum, total skor, tabel distribusi frekuensi dan
histogram. Analisis inferensial terdiri dari uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas galat taksiran menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis
menggunakan pengujian korelasi dan regresi.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar IPS atas Lalar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dengan persamaan regresi 3 X ˆ = 10,83 + 0,18X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 20,60 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. (2) terdapat pengaruh positif
Belajar IPS atas Motivasi Belajar dengan persamaan regresi 3 X ˆ = 8,04 + 0,20X2, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 21,38 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji
linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;26:89) sebesar 1,62 pada
α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear
dapat diterima. (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar atas Lalar Belakang Sosial
Ekonomi Orang Tua dengan Persamaan regresi 2 X ˆ = 58,12 + 0,27X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 10,04 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh
Fhitung sebesar 1,24 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada α = 0,05. Karena
Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar IPS
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item