Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD

Amini, Aisyah dan Hikmat, Ade (2020) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025116_AISYAH AMINI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025116_AISYAH AMINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dengan objek penelitian nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dengan melakukan pengumpulan data yang kemudian dirangkum lalu disajikan dan ditarik kesimpulannya. Adapaun keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantik) dan reliabilitas (intraratter dan interatter). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye mencakup nilai religius, jujur, kreatif, bersahabat, peduli lingkungan, dan peduli sosial. (2) novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dapat digunakan sebagai bahan referensi tambahan dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang di terapkan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:37
Last Modified: 24 Jun 2022 02:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14634

Actions (login required)

View Item View Item