Pengembangan M-Learning Berbasis Android Pada Materi Kegiatan Ekonomi dan Jenis Usaha di Indonesia di Kelas V SDS Muhammadiyah 5 Jakarta

Amriena, Annisa dan Amirullah, Gufron (2020) Pengembangan M-Learning Berbasis Android Pada Materi Kegiatan Ekonomi dan Jenis Usaha di Indonesia di Kelas V SDS Muhammadiyah 5 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025114_ANNISA AMRIENA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025114_ANNISA AMRIENA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Kegiatan Ekonomi dan Jenis Usaha di Indonesia (KEJU INDO) berbasis Android untuk siswa kelas V SDS Muhammadiyah 5 Jakarta, serta mengetahui kualitas produk aplikasi KEJU INDO yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V B SDS Muhammadiyah 5 Jakarta. Pemilihan siswa dilakukan secara purposive sampling sehingga didapat hasil 20 sampel siswa yang menggunakan perangkat Android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya terdiri dari 5 tahap, yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementation (Implementasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi KEJU INDO berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media dalam aspek kualitas tampilan 93,3% dengan kategori sangat baik, aspek penulisan teks dan bahasa sebesar 100% dengan kategori sangat baik, dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 94,29% dengan kategori sangat baik, sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi sebesar 9351% dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi dalam aspek materi sebesar 100% dengan kategori sangat baik, aspek pembelajaran sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dan aspek soal sebesar 100% dengan kategori sangat baik, sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian siswa melalui google form dalam aspek kualitas tampilan sebesar 94% dengan kategori sangat setuju, aspek tulisan sebesar 93%, aspek materi sebesar 94% dengan kategori sangat setuju, aspek pembelajaran sebesar 94% dengan kategori sangat setuju, dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 95% dengan kategori sangat setuju, sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi sebesar 94% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi KEJU INDO berbasis Android materi kegiatan ekonomi dan jenis usaha di Indonesia layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas V SDS Muhammadiyah 5 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:36
Last Modified: 24 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item