Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Membalong

Wahyudi, Heru dan Suprapto, Ch. dan Qodariah, Lelly (2018) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Membalong. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077020_HERU WAHYUDI.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077020_HERU WAHYUDI.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kreatifitas siswa serta penggunaan media dan sumber belajar pada pembelajaran IPS di kelas VIII.A SMP Negeri 2 Membalong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 sampai dengan Maret 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan strategi guru meningkatkan kreatifitas
peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Membalong kelas VIII.A dilakukan melalui pendekatan Inkuiri dengan menggunakan metode tanya jawab dan diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok, strategi guru terbagi menjadi tiga tahap yaitu, (1) tahap awal, guru memancing kreatifitas siswa dengan memberi motivasi, menampilkan gambar dan video yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan. (2) tahap inti, yang terdiri dari tiga pola tahapan; a) guru menuntun siswa, b) mengumpulkan informasi, c) presentasi kelompok. (3) tahap
penutup. Upaya guru dalam memancing kreatifitas siswa dengan cara; a) siswa dilibatkan secara sistematik, mulai dari kegiatan awal pembelajaran sampai pada
kegiatan akhir, b) memotivasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dengan membangun kerjasama yang kuat dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas diskusi kelompok, c) menerima ide-ide, pendapat atau pertanyaan yang dihasilkan oleh peserta didik, d) memberikan motivasi, apresiasi atau reward selama proses pembelajaran berlangsung ataupun diakhir pembelajaran sebagai bentuk penghargaan kepada peserta didik yang kreativ. Dan pemanfaatan media
video dan gambar, serta sumber belajar berbasis lingkungan sekitar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi guru, kreatifitas siswa, pembelajaran IPS
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item View Item