Pengaruh Keteladanan Guru dan Norma Sosial Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa (Survey Pada Siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur)

Has, Syarifudin Zuhry dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Pengaruh Keteladanan Guru dan Norma Sosial Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa (Survey Pada Siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077017_SYARIFUDIN ZUHRY HAS.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077017_SYARIFUDIN ZUHRY HAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji (1) pengaruh keteladanan guru terhadapperilaku sopan santun siswa, (2) pengaruh norma sosial terhadap perilaku sopansantun siswa, dan (3) pengaruh keteladanan guru terhadap norma sosial, padasiswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah: (1)
keteladanan guru berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (2) norma sosial berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (3) keteladanan guru berpengaruh terhadap norma sosial. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis jalur.Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang terdapat di
Cakung Timur Jakarta Timur. Sampel berjumlah 366 siswa yang dipilih secara
acak bertahap dari seluruh populasi siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner keteladanan guru, kuesioner
norma sosial, dan kuesioner perilaku sopan santun siswa. Data analisis dengan statistic deksriptif dan inferensial sedangkan pengajuan hipotesis menggunakan Teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, keteladanan guru secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku sopan santun siswa dengan koefisien jalur ρ31 = 0.55 (t=6.67, p<0.01). Kedua, norma sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku sopan santun siswa dengan koefisien jalur ρ32 = 0.32 (t=3.38, p<0.05). Ketiga, keteladanan guru secara signifikan berpengaruh positif
terhadap norma sosial dengan koefisien jalur ρ21 = 0.21 (t=2.17, p<0.05). Model analisis jalur memiliki kecocokan dengan data, dimana 34.2% varians di dalam perilaku sopan santun siswa dapat dijelaskan oleh keteladanan guru dan norma sosial, sementara itu 46% varians di dalam norma sosial dapat dijelaskan oleh keteladanan guru. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa perilaku sopan santun siswa dapat meningkat melalui keteladanan guru maupun melalui penanaman nilai norma sosial kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Norma Sosial, Perilaku Sopan Santun
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item