Model Pendekatan Paulo Freire Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sma Negeri 13 Kota Tangerang

Lutpy, Nur Muhamad dan Gunawan, Rudy dan Bandarsyah, Desvian (2019) Model Pendekatan Paulo Freire Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sma Negeri 13 Kota Tangerang. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077013_NUR MUHAMAD LUTPHY.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077013_NUR MUHAMAD LUTPHY.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penulisan tesis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui model pendekatan Paulo Freire di SMA Negeri 13 Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat meningkatkan kempapuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ketika materi pembelajaran dapat dikaitkan dengan kehidupan peserta didik. Guru dapat mengkonstruksi materi ajarnya dengan menggunakan metafora atau diksi-diksi yang bisa dipahami oleh peserta didik. Contoh materi kolonialisme dan imperialisme diaktualisasikan dengan konteks isu-isu kontemporer, seperti kasus PT Freeport di Papua atau reklamasi untuk kepentingan penguasa yang menyingkirkan rakyat kecil. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini adalah, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dapat dimulai dari dalam kelas. Salah satunya adalah menciptakan proses pembelajaran yang mengkonstruksi suatu bibit-bibit unggul di dalam kelas dengan metode pembelajaran yang progresif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Model Pendekatan Paulo Freire, Berpikir Kritis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:55
Last Modified: 16 Jun 2022 08:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item