Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok)

Evitasari, Okta dan Qodariah, Lelly dan Gunawan, Rudy (2019) Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077011_OKTA EVITA SARI.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077011_OKTA EVITA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui relevansi koleksi Museum Kebangkitan Nasional sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan pembelajaran di kelas. (2) mengetahui cara guru sejarah merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Museum Kebangkitan Nasional. (3) mengetahui kendala Museum Kebangkitan Nasional dalam mengoptimalisasi peranannya sebagai sumber belajar sejarah. (4) mengetahui upaya pengelola Museum Kebangkitan Nasional dalam meningkatkan peranannya sebagai sumber
belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi
kasus (case study)dimana peneliti mencari dan mengumpulkan sumber berupa
informasi dan data tentang Pemanfaatan Museum sebagai sumber belajar sejarah,
yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tulisan dari
objek yang diamati oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini
diperoleh dari narasumber, tempat (bangunan dan koleksi museum), serta
dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan triangulasi sumber dengan mencari data melalui lebih dari satu informan
terkait pemanfaatan peran museum sebagai sumber belajar sejarah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa museum dapat memotivasi peserta didik dan
membuat peserta didik mudah dalam proses pembelajaran sejarah. Kunjungan ke
museum tersebut merupakan suatu hal yang layak untuk diperhatikan sebagai sumber pembelajaran visual bagi peserta didik. Melalui kunjungan ke objek sejarah secara
langsung, diharapkan dapat mengubah anggapan bahwa peserta didik yang mempelajari sejarah bukan sesuatu yang membosankan dan menjenuhkan tetapi merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil temuan
disimpulkan bahwaSMA Negeri 5 Depok sudah mengaplikasikan penggunaan museum sebagai sumber belajar namun memang belum optimal yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya sosialisasi ke sekolah-sekolah secara luas
dan keterbatasan jangkauan museum menjadi kendala bagi Museum Kebangkitan Nasional dalam upaya menjadikan museum sebagai sarana belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, peserta didik, museum
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:47
Last Modified: 16 Jun 2022 08:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item