Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Studi Kasus di SDN 01 Kec. Sumberharta, Sumsel)

Yakub, Yakub dan Gunawan, Rudy dan Abd. A.Ghani, Rahman (2017) Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Studi Kasus di SDN 01 Kec. Sumberharta, Sumsel). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077009_YAKUB.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077009_YAKUB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif pengembangan inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial [IPS] melalui pendekatan kontekstual dalam menumbuhkan emandirian belajar Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberharta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model CIPP Stufflebeam, terdiri dari: konteks, input, proses, serta produk. Kemudian, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data di
analisis dengan tahapan yang disarankan oleh Miles dan Huberman [2008] antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Selanjutnya, hasil penilaian dibandingkan dengan penilaian standar/kriteria yang sudah ditetapkan untuk menentukan klasifikasi peringkat baik tinggi, moderat, dan rendah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pertama, berdasarkan penilaian dimensi konteks relevansi program berada dalam derajat aktual tinggi. Kedua, berdasarkan program input, terdapat empat aspek meliputi pendayagunaan visi, misi, dan tujuan, kompetensi pendidik, pembiayaan, kurikulum memenuhi standar/kriteria derajat aktual moderat. Satu aspek program pemberdayaan sarana prasarana berada dalam derajat aktual rendah. Ketiga, berdasarkan penilaian dimensi proses terhadap pelaksanaaan inovasi pembelajaran IPS terdapat terdapat satu aspek kerjasama memenuhi standar/kriteria derajat aktual tinggi, serta empat aspek seperti: inovasi pembelajaran IPS, pengambilan keputusan, adaptasi perubahan juga pendekatan kontekstual berada dalam derajat aktual moderat, serta satu aspek perencanaan penilaian derajat aktual rendah. Keempat, berdasarkan penilaian untuk dimensi
produk terdapat dua aspek ialah kemandirian belajar, dan kekeluargaan memenuhi kriteria/standar derajat aktual tinggi. Kemudian, empat aspek terdiri: keagamaan, kepribadian, keterampilan, kemasyarakatan berada dalam kriteria derajat aktual moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Inovasi Pembelajaran IPS, Pendekatan Kontekstual, dan Kemandirian belajar
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:55
Last Modified: 16 Jun 2022 08:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item View Item