Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV Di SDN Pekayon 05 Pagi

Alfarisy, Nur Syafa dan Syaepurrohman, Purnama (2020) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV Di SDN Pekayon 05 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025097_NUR SYAFA ALFARISY.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025097_NUR SYAFA ALFARISY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS dengan penggunaan metode pembelajaran brainstorming pada peserta didik kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi pada semester 1 tahun ajran 2020-2021. Metode Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji vaiditas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal piihan ganda dan 30 soal yang valid 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-20 peneliti memperoleh rumus rhitung > rtabel yaitu 0,908 > 0,396 maka data yang diperoleh memiliki instrument yang reliabel setelah data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas yang menggunakan uji Liliefors data yang diperoleh dari kelas eksperimen L0 ˂ Lt yaitu 0, 078 ˂ 0,173 dan data dari kelas kontrol L0 ˂ L1 yaitu 0,115 ˂ 0,173, maka dari kedua data dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperolah Fitung ˂ Ftabel dengan data yaitu 1,28 ˂ 1,98 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Pada uji Hipotesis peneliti menggunkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel dengan data 4, 7507 > 2, 126, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima bahwa adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar IIPS kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi. Hasil Penelitian, yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:31
Last Modified: 24 Jun 2022 02:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item