Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang)

Aisiyah, Munirotul dan Suswandari, Suswandari dan Gunawan, Rudy (2019) Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077004_MUNIROTUL AISYAH.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077004_MUNIROTUL AISYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengaruh Efektivitas model inquiry dalam pembelajaran
IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi terhadap identitas siswa di SMPN 3 Tigaraksa
Kabupaten Tangerang.
Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey kausal dengan teknik
analisis jalur (Path Analisys) dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri
dari 34 butir pertanyaan dari 3 (tiga) variabel yang diteliti. Ketiga variabel yang diteliti ini
diharapkan memiliki pengaruh yang signifikan. Variabel yang diteliti yaitu efektivitas model
inquiry (X1), pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi (X2) dan Penguatan
identitas siswa (X3).
Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi sederhana dengan menggunakan uji normalitas
persamaan regresi (uji liliefors) menghasilkan L hitung 0,0488 < L tabel 0,0865 yang
menunjukan hipotesis ini diterima,uji homogenitas varians dengan hasil X hitung < X tabel yang
menunjukan bahwa kelompok data berasal dari populasi yang homogen, uji linearitas dengan
rumus anava dan hasilnya linear, uji hipotesis dengan uji signifikansi (uji F) dan uji korelasi (uji
t) dengan hasil yang signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dan
X3, X2 dan X3, X1 dan X2 dan tergambar dalam path signifikan.
.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS
berbasis nilai-nilai lokal etnis betawi secara nyata memberikan kontribusi terhadap penguatan
identitas siswa. Hal ini berdasarkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
yang dimiliki guru dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Pembelajaran IPS dapat
membentuk sikap, mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia ,
bertanggung jawab, cinta damai , sikap mental positif, beradaptasi dengan lingkungan, mampu
menyelesaikan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Inquiry, Pembelajaran IPS dan Identitas Siswa
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:55
Last Modified: 16 Jun 2022 08:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item