Pengaruh Multikultural Dan Religiusitas Terhadap Toleransi Umat Beragama Masyarakat Kampung Sawah Kota Bekasi

Taufiq, Mokhamad dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Pengaruh Multikultural Dan Religiusitas Terhadap Toleransi Umat Beragama Masyarakat Kampung Sawah Kota Bekasi. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077003_MOKHAMAD TAUFIQ.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077003_MOKHAMAD TAUFIQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Multikultural dan Religiusitas Terhadap Toleransi Umat Beragama Masyarakat Kampung Sawah Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausal dengan populasi terdiri dari 31.093 Umat Beragama Di Kampung Sawah Kota Bekasi, dengan sampel di 395 Umat Beragama di 2 Kelurahan Kampung Sawah Kota Bekasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Pengaruh Multikultural terhadap Toleransi Umat Beragama dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t. Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif Multikultural terhadap Toleransi Umat Beragama. Hal ini berarti variasi Toleransi Umat Beragama (X3) dipengaruhi oleh Multikultural (X1). 2. Pengaruh positif Religiusitas terhadap Toleransi Umat Beragama. Hal ini berarti variasi Toleransi Umat Beragama (X3) dipengaruhi oleh Religiusitas (X2). 3. Religiusitas dapat ditingkatkan melalui peningkatan kualitas Multikultural dengan kata lain Religiusitas merupakan varian dari Multikultural, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t. Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif Multikultural terhadap Religiusitas. Hal ini berarti variasi Religiusitas (X2) dipengaruhi oleh Multikultural (X1).
Berdasarkan temuan penelitian di atas, Toleransi Umat Beragama dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Multikultural dan Religiusitas. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Multikultural, Religiusitas
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:47
Last Modified: 16 Jun 2022 08:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item